Bisnis Mesin Indosat Tumbuh

Posting : Administrator Dibaca : 693 pembaca

Plasgos.com - Bisnis machine to machine (M2M) memang belum memberikan kontribusi signifikan bagi total pendapatan Indosat, namun pengguna layanan itu tercatat tumbuh 40% sepanjang 2014 lalu.

“Kontribusi M2M masih di bawah 10% untuk total pendapatan Indosat. Masih sangat kecil sekali,” kata Hendra Sumiarsa, Division Head M2M Indosat di Penang Bistro, Jakarta, Senin (26/1/2015).

Seperti diketahui, Indosat mencatatkan pendapatan Rp 11,708 triliun hingga semester pertama tahun lalu. Sementara untuk akhir 2014 belum diumumkan. Namun jika melihat persentase yang dihasilkan M2M, bisnis ini masih di bawah Rp 1 triliun.

"Tapi M2M prospeknya sangat cerah dan punya ruang untuk tumbuh sangat besar. Kalau tahun lalu saja kami bisa tumbuh 40%, tahun ini kami harapkan bisa naik 60%,” lanjutnya.

Dengan pertumbuhan 40%, kata Hendra, pelanggan M2M Indosat sekarang genap menjadi 200 ribu dengan average revenue per user (ARPU) mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 1,5 juta per bulan.

Angka ARPU dari pelanggan mesin itu diakui lebih tinggi dibanding ARPU dari pengguna manusia. Terlebih, potensi M2M di Indonesia sangat besar jika melihat industri yang bisa digarap, mulai dari korporat hingga retail.

“Bisnis M2M kami dihasilkan dari solusi end to end seperti GPS tracking, EDC wireless, dan ATM wireless. Tahun ini kami juga akan meluncurkan 10 solusi end to end baru. Tunggu saja,” kata Hendra

Dari solusi terbaru tersebut, beberapa di antaranya dirilis hari ini, antara lain konektivitas M2M, Managed Connectivity hingga solusi one stop shop dengan dukungan koneksi, aplikasi serta device secara end to end.

M2M diklaim akan membuat proses kerja menjadi efisien, yang pada gilirannya akan meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya dan bahkan dapat menciptakan beragam layanan baru bagi pelanggan.

Teknologi M2M akan mendorong pertumbuhan bisnis di tahun-tahun mendatang pada sektor-sektor seperti perbankan, transportasi, energi, maupun layanan masyarakat melalui smart city.

M2M Indosat akan dikembangkan pada sektor-sektor industri utilitas dan energi, otomotif, industri keuangan dan perbankan, serta security & surveillance.

Di 2015 ini Indosat juga gencar berpartisipasi dalam program-program pemerintah terkait Smart City melalui produk-produk end to end serta solusi yang didesain khusus menyesuaikan kebutuhan.

Produk M2M dalam lingkup smart city di antaranya adalah E-Tax, Smart Street Lighting, Surveillance dan lainnya.

44 Komentar

obat batuk berdahak kronis


Terimakasih infonya sangat bermanfaat http://goo.gl/3ilzYS | http://obatpenghancurbatuginjal.com/2015/01/26/obat-batuk- berdahak-kronis/

Manfaat Jelly Gamat Gold G Sea Cucumber


http://goo.gl/DGvrT8 berita penting ni,, ada informasi lebih lengkapnya gak min tentang berita yang ini?? makasih

Obat Kencing Manis Kering


http://obatvertigo.web.id/obat-kencing-manis-kering/ sangat bermanfaat min, minta berita update lagi min :) makasih

Obat Pelangsing


Obat Pelangsing http://goo.gl/JRA21l

Mengatasi Kanker Payudara


Mengatasi Kanker Payudara http://goo.gl/6o8zUm


Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh